Jumat, 27 November 2015

Teknik Dalam Fotografi

1. Slow dan Stop action
Slow action adalah salah satu teknik fotografi yang bertujuan untuk menangkap/membidik gerakan objek dengan menggunakan kecepatan rendah, antara 1/30 sampai satu detik. Contoh foto dibawah ini mengunakan speed 1/30 atau lebih rendah.

Teknik-Teknik Fotografi
Stop action merupakan kebalikan dari slow action yang bertujuan untuk membekukan gerak objek, teknik ini menggunakan kecepatan yang tergolong tinggi yakni antara 1/125 sampai 1/4000 atau bahkan bisa lebih.

2. Dof (Depth of field )
Istilah tersebut mengacu pada beberapa banyak gambar yang berada dalam fokus yang sangat dalam, membuat gambar seoah-olah berdiri sendiri tanpa ada objek lain disekelililngnya.  Pada pengaturan terendah (F2.8), anda bisa mendapatkan fokus yang lebih tajam pada benda dan efek halus pada background dengan menggunakan speed 1/8.

Teknik-Teknik Fotografi
Teknik-Teknik Fotografi
3. Movement Spoiler
Berbeda dengan teknik stop action, foto movement lebih memperlihatkan pergerakan objek dengan shutter speed yang rendah yakni antara 1/5 sampai 1 detik, sehingga pergerakan objek dapat tampak pada hasil foto. Selain itu kamera harus tetap dalam posisi diam supaya background objek tetap fokus walaupun shutter speed lambat.

Teknik-Teknik Fotografi

4. Panning
Panning adalah teknik memotret dengan cara mengikuti objek yang bergerak secara horizontal, dengan cara menggerakkan kamera searah gerakan obyek, diharapkan obyek tersebut tetap terfokus tajam sedangkan obyek lain menjadi blur. Teknik tersebut menggunakan Shutter speed 1/15 sampai 1/30.

Teknik-Teknik Fotografi
5. Bulb Spoiler  
Foto bulb dapat diperoleh melalui mode manual dengan mengatur shutter speed yang paling lambat, dimana shutter akan terus terbuka selama tombol ditekan dan menutup kembali pada saat tombol dilepas. Posisi kamera harus statis, oleh karena itu gunakan kamera tripod untuk menghasilkan foto bulb.

Teknik-Teknik Fotografi
Teknik-Teknik Fotografi
Dapat disimpulkan bahwa fotografi tidak terbatas pada gambar yang terlihat oleh mata telanjang. Justru denga berbagai macam teknik fotografi, kamu dapat membuat sesuatu yang menakjubkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar